Selasa, 29 Maret 2011

Ulasan Pirates of Silicon Valley

Film ini menceritakan tentang perseteruan antara Steve Jobs dengan Bill Gates. Keduanya sudah saling bersaing sejak 1975. Jobs dengan Apple inc, Bill Gates dengan Microsoft. Jobs yang sudah terkenal duluan akhirnya  lengah di akhir cerita saat memberikan prototype dari Sistem Operasi Macintosh pada Bill Gates yang pada saat itu bisa dikatakan kalau Bill Gates merupakan musuh dalam selimut. Mengapa dikatakan demikian? Karena sejatinya mereka adalah saingan. Namun hal apapun bisa dilakukan demi suatu ambisi, dan Bill Gates melakukannya. Dia sangat berani ketika mengajak Jobs bekerja sama dengan tujuan utama mempelajari teknologi Grafis dan Sistem Operasinya.
Akhirnya Microsoft yang saat itu belum seberapa besar dibandingkan Apple dapat sesuka hati mengutak-atik prototype Macintosh Apple yang baru akan diliris setahun kemudian. Bill Gates diam-diam mengutak-atik sistem operasi dan teknologi Macintosh dan meluncurkan apa yang kita kenal sekarang sebagai Windows, padahal saat itu Macintosh belum diluncurkan.
Namun di sisi Apple sendiri justru terjadi persaingan antara Macintosh Developers dan Apple II Developers, namun Steve Jobs malah menganggap hal ini sebagai sesuatu yang hebat dan dia menganggap macintosh adalah yang terbaik diantara pendahulunya yaitu Lisa dan Apple II. Bagi orang pada umumnya saat itu dapat dikata bahwa Apple menghancurkan dirinya sendiri. Sebab dari situ Jobs harus kehilangan banyak orang-orang terdekatnya termasuk Steve Woznia, rekan sejati Jobs dalam mendirikan Apple Inc.
Film ini bisa dijadikan teladan bagi kita semua yang ingin sukses seperti mereka berdua. Kejarlah selalu impianmu walau itu mengharuskanmu keluar dari kuliah, haha. Tapi janganlah lengah seperti Jobs karena saingan tak akan berhenti hanya karena kita sudah berada diatas mereka. berinovasilah terus. Good luck.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar