Minggu, 03 April 2011

CRM untuk Prodi

Aplikasi CRM di prodi Teknik Informatika Univesitas Ahmad Dahlan
Mahasiswa merupakan aset bagi setiap Universitas. Oleh karena itu Universitas berusaha untuk mempertahankan loyalitas mahasiswanya, karena efek yang dapat ditimbulkan dari loyalitas mahasiswa adalah pemasukan yang berulang, kesediaan mahasiswa untuk merekomendasikan universitasnya kepada kepada orang lain. Keuntungan tersebut mendorong prodi Teknik Informatika Univesitas Ahmad Dahlan untuk merancang dan membangun strategi bisnis yang dapat mengikat mahasiswa tetap loyal menggunakan produk/jasa yang ditawarkan prodi Teknik Informatika Univesitas Ahmad Dahlan. Untuk mempertahankan loyalitas tersebut prodi harus mengenal dan memahami mahasiswanya.
CRM (Customer Relationship Management) yang merupakan salah satu strategi perusahaan untuk mempertahankan pelanggan bisa dijadikan acuan bagi prodi untuk mempertahannkan loyalitas mahasiswanya, dengan strategi ini saya ingin Univesitas Ahmad Dahlan mempelajari lebih jauh mengenai kebutuhan dan tingkah laku mahasiswa sehingga dapat mengetahui kebutuhan mahasiswa dan membentuk hubungan yang kuat dengan mahasiswa. Dengan mengenal mahasiswanya, Universitas dapat memberikan pelayanan yang berbeda terhadap segment-segment sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Dalam penerapan CRM dibutuhkan aplikasi database mahasiswa yang dapat mengetahui profil mahasiswanya secara lebih mendetail, kebutuhan mahasiswa, pola interaksi dan transaksi dengan perusahaan.
mahasiswa merupakan suatu alat yang dapat membantu menyimpan dan menampilkan data-data mahasiswa yang pernah menempu ilmu di Univesitas Ahmad Dahlan, prestasi apa saja yang pernah mereka raih ketika masih menyandang almamater Univesitas Ahmad Dahlan. Data-data yang diperlukan antara lain : data profil prodi, data dosen, data mahasiswa yang masih aktif dan data lulusan. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk memberikan informasi mengenai pertambahan jumlah mahasiswa, pertambahan transaksi dan harapan mahasiswa terhadap kemajuan prodi. Dari hasil pengolahan data-data tersebut, prodi melalui manajemen dapat mengambil kebijakan sesuai informasi yang ditampilkan. Perangkat yang diperlukan dalam merancang aplikasi ini adalah: PHP sebagai bahasa scripting, Apache Web Server, dan MySQL sebagai pengolah database. Dan untuk menampilkan data dari database digunakan web browser.
Aplikasi ini dapat dijadikan alat bantu prodi Teknik Informatika Univesitas Ahmad Dahlan dalam memberikan informasi Analitical. CRM ini dapat mengetahui secara lebih mendetail mengenai profile dan segmentasi mahasiswa, kebutuhan mahasiswa, pola interaksi dan transaksi, serta lulusan sebagai acuan dalam menentukan strategi CRM pada kegiatan promosi prodi, pembentukan kurikulum untuk pembentukan mahasiswa yang lebih loyal. Karena tanpa adanya mahasiswa di dalamnya apalah arti sebuah universitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar